parapsikolog Vs paranormal

Apakah arti parapsikologi?
Parapsikologi adalah kajian ilmiah tentang fenomena psi. Dalam parapsikologi, fenomena psi betul-betul dipelajari dalam prosedur penelitian ilmiah yang ketat dan terukur. Berbagai pusat penelitian tentang psi ada di berbagai universitas di dunia, misalnya di Duke University, Amerika Serikat (pada tahun 1930-an berdiri laboratorium parasikologi pertama di dunia di universitas ini. Jb Rhine, pendirinya, kemudian dikenal sebagai bapak parapsikologi modern), dan di Edinburg University, Skotlandia. Bahkan universitas dunia, sekelas universitas Harvard dan Stanford, di Amerika Serikat, menawarkan juga studi tentang psi.
Kelompok studi tentang psi yang pertama kali berdiri adalah Society for Psychical Research, pada tahun 1882 di London, Inggris. Menyusul dua tahun kemudian berdiri kelompok studi serupa di Boston, Amerika Serikat. Sejak saat itu pula sampai hari ini, penelitian tentang psi masih belum meyakinkan banyak orang tentang keberadaannya. Bahkan sebagian ilmuwan jelas-jelas menolak bahwa psi itu ada. Namun meskipun masih kontroversial di kalangan ilmuwan, rakyat kebanyakan umumnya mempercayainya.
Meskipun, seperti kita ketahui ada banyak fenomena psi. Para ahli parapsikologi biasanya hanya berkonsentrasi mempelajari empat macam yang utama saja, yakni telepati, clairvoyance, prekognisi dan psikokinesis. Fenomena psi yang lain belum mendapatkan perhatian yang memadai. Bahkan meskipun diketahui bahwa fenomena psi ditemukan hampir disemua budaya. Boleh dibilang tidak ada budaya yang tidak mengenal psi. Di masyarakat, berkembang juga berbagai macam ilmu tentang astrologi, sihir, dan sulap. Namun, hal-hal tersebut bukan studi ilmiah sehingga harus dibedakan dengan parapsikolog
Iklan

16 thoughts on “parapsikolog Vs paranormal

  1. wow,, , Saya pingin lanjutin Kuliah ke Psikolog, Tapi maunya ke Psikologi Sains yang pelajari OTAK, SYARAF, GEN , SIFAT KETURUNAN, KEBIASAAN dll atau Parapsikologi yang pelajarin ttg AURA, HIPNOTIS, DOBY LANGUAGE dll.

    Kalo bisa Dua2nya aq pelajarin dehh…

  2. saya juga belajar di psikologi, baru mulai diakrab-akrabin dgn istilah para psikolog. salam kenal

  3. salam kenal.. iya betul.. parapsikolog masih belum terlalu terkenal di Indonesia 😀 nama beken dari “dukun” menurut saya.. dan saya tertarik dengan ilmu ini 😀 hehe

  4. dalam parapsikolog dipelajari gejala-gejala kejiwaan yang ada di luar bidang psikologi biasa atau psikologi umum. dalam parapsikologi dipelajari gejala keruhaniah terlepas dari gejala badaniah.
    objeknya meliputi :
    1. gejala occult
    2. Neccomantri
    3. spiritisme
    4. telepati
    5. clairovayance
    6. telekinese

    tapi kalau menurut aku belajar parapsikologi kalo ga punya kelebihan bukan percuma juga, tapi kayanya ada hal yang tidak bisa dilakukan orang biasa.

  5. dalam parapsikolog dipelajari gejala-gejala kejiwaan yang ada di luar bidang psikologi biasa atau psikologi umum. dalam parapsikologi dipelajari gejala keruhaniah terlepas dari gejala badaniah.
    objeknya meliputi :
    1. gejala occult
    2. Neccomantri
    3. spiritisme
    4. telepati
    5. clairovayance
    6. telekinese

    tapi kalau menurut aku belajar parapsikologi kalo ga punya kelebihan bukan percuma juga, tapi kayanya ada hal yang tidak bisa dilakukan orang biasa.

  6. saya tertarik dg dunia psikologi, jadi psikolog uda cita2 dri dulu.. saya jg sangat sangat sangat tertarik dg parapsikologi, tapi saya ga punya kemampuan “lebih”, jdi parapsikolog itu bakal lebi “wow” klo qt punya “kelebihan” .. ya mgkn saya ditakdirkan utk mempelajari ttg manusia dulu 😀 belum untuk selain manusia 😀
    salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s