jalan jalan ke laut azov yuuk

untuk menghabiskan liburan winter akhirnya aku memutuskan ngumplin temen2 untuk nengok sebentar ke kota sebelah ke kota taganrog yang punya laut azov.(maksude cek ngga ndeso2 nemen moso ga tau nang laut ndek rusia ngoten lhoo)

perjalan dari rostov sampe azov menggunakan kereta elektrik hanya menghabiskan sekitar 1 sampai 1 setengah jam..hagra tiketnya juga murah cuma 32 ruble (kurs rupiah untuk 1 ruble 340 jadi totalnya …*itungen dewe*hehehe)

ini dia foto situasi di dalam kereta electrickereta-api-taganrogtuh kan kelihatan ada wajah-wajah  indonesia yang tak asing lagi “hohohoho” itu yang pake jaket merah yang NJENTIT adalah aku,lagi ambil barang di tas siap2-siap turun dari kereta.selanjutnya aku foto bareng-bareng personil”THE ROSTOV”

untuk edisi hari ini

kenangan-bersamaketerangan gambar kika : ZHOI(vietnam),KOBEL(INDO),RAHMI(INDO),MAI(vietnam),ALEKSANDRA(macedonia)
,MOOK(thailand),DINDA(indo),NICO(indo),DITA(indo)

kebetulan taganrog adalah tujuan terakhir jadi rel kereta nya dah abis sampe situ,(jadi inget sama stasiun pasar turi yang relnya mentok sampe sana tok),.hehehe*NOSTALGILA MODE:ON*

sampe di taganrog asyik banget ga nyangka masih ada sisi dari RUSIA yang orang-orangnya terkesan DINGIN (koyok kulkas rek)yang susah senyum ma orang(apa lagi NYENGIR hohoh),tapi beda banged pas disini orang-orangnya hangat dan welcome(kok kedengarnanya kaya merek KESET di rumah ya? welcome?huhuh). tapi malah terkenal NDESO..soalnya sepanjang jalan kita yang bertambang BULE(bojone pak dhe ) di kasih dadah-dadah gitu.(kita kaya rombongan sirkus jadinya hihih).tapi seneng juga,selama di rusia kita ga pernah di anggap sebagai BULE yang bener-bener BULE yang kalo jalan di giring(maringono di suraki keliling kampung karo di karak sampe alun-alun huauaua) kita selama ini yang di acuh kan bener-bener ketolong saat ada ibu dan kelluarganya menyapa kita,dari wajahnya benar2 kita melihat bahwa dia senang sekali kedatangan kita para tamu yang notabenenya emangBULE (aku dadi buleeee)pas si ibu berbicara saking senangnya idungnya kembang kempis gitu dan nafasnya ngos-ngosa saking senengnya (untung ga bengak bengok  histeris kaya ngliat artis turun panggung huahauha).

sepanjang jalan,yang bisa aku tangkep dari kunjungan kita kali ini ke kota TAGANROG aku bener2 terkesan,tapi sayangnya kota kecil nan imut-imut jelita ini sungguh tak seperti kota,bayangkan sodara masa pertokoan tutup jam 5 sore,busyet deh..(iki jenenge ga niat dodolan) bukanya jam 10 an pagi. jadi yang kata orang kota taganrog ini hening dan sepi dalam artian yang sebenarnya kalo dah jam 5 lewat suasana kota dah mirip kota mati yang ga berpenghuni,(jadi inget film house of wax  yang 1 kota isinya lilin semua hiiii)

kita jalan sepanjang kota-eh bener-bener jalan kaki kita menyusuri kota jarak dari stasiun sampe laut azov sekitar 30 menit jalan kaki(kalo sampe rusia harus rela jalan kaki sampe sekel kapalen.hehehe)

tapi pas sampe laut azovnya kita kenbingungan gitu,(padahal mari mencak-mencak kegirangan) ternyata eh ternyata lautnya beku sodara-sodara…padahal cuaca hari ini sudah menghangat +10 banyangkan +10 untuk sehari musim salju,tapi laut masih saja beku ini fotonya kalo ndak percaya

pantai-taganrogbener kan aku nda nipu sampean..

tapi beberapa menit kemudian setelah agak lama KETENGGENGEN akibat lau beku(mikir2 kulkase sak gede opo ya?ancene utek e ga totok kono mikire heheheh ketok ndeso e masio wes suwi ndek kene rek rek..) akhire aku berani juga jalan ketengah..tengeh laut 10 meter an lah dari pantai ke tengah laut beku terus ga lama akhir nya saking senengnya ga sadar coba2 loncat di atas laut beku(wes wes…ndeso tenan wong Mbangil iki) ni sengaja tak poto buat kenang-kenangan (pecicilan di rusia)

lets-hum

wes tah..pokonya seneng tok kemaren..pulangnya kita berjalan sepanjang pesisir pantai angin berhembus sepoi-sepoi..ah so romantic..keyen abis dah…

karena laper akhirnya kami memutuskan ke stalovaya(kantin u/mahasiswa) di universitas YUFU juga ya induk dari universitasku. kantin nya besar banget kaya restoran gitu,aku pikir harganya juga standard resto tapi ternyata emang bener ini stalovaya yang harganya emang pas buat kantong kita-kita malah murah banget lagi makanan yang di dapet juga porsinya buanyak(maklum wetenge wong rusia guede-guede hehe) sayangnya makanya ga sempet di foto soalnya gara2 semua pada kaliren(kelaparan) jadi begitu dapet makanan langsung dilahap semua tapi aku masi inget posrsinya

MAKANAN STALOVAYA TAGANROG:

1.sup kental dari file ayam

2.roti gandung 2 potong plus roti manis is selai

3.gretska + perkedel daging sapi

4.salad kubis dan timun

5. kisel(minuman khas rusia agak mirip jeli cuma ga padet)

gila ga segitu banyak nya cuma abis 50 ruble ajah (1 ruble 340 rupiah),kota ini bener2 ga boros beda ma rostov yang untuk biaya hidup udah hampir sama dengan moscow (gara2 kota besar katae opo ne gede??)

setelah kenyang jalan kita sempet ke rumah nya ANTON CEKHOV sekarang jadi museum,pas masuk ke rumahnya aku kaya kelempar ke masa sebelum masehi eh salah ya? bukan heheh anton pavlobich cekhov itu senimannya rusia(ini nih ciri2 negara yang maju selalu inget sama para pahlawannya dan menggagumi kulturnya) chekhov sendiri adalah penulis besar nya rusia ia terkenal karena cerpen-cerpen nya baca aja disini http://id.wikipedia.org/wiki/Anton_Chekhov

nah,ahire perjalanan usai sudah jam udah menunjukan pukul 5 sore sudah saat nya kembali ke habitat masing-masing tapi masalah e emang dasar guide nya juga mahasiswa jadine acara hari ini yang bertema JALAN-JALAN kita beneran jalan kaki.jadi sepanjang hari tadi kita sama sekali ga naek bis ato angkot bahkan tramway juga busyet…(sekelku molene langsung kapalen)  kaki sampe lecet-;ecet dan bengkak. kemaren kita jalan2 keliling kota sekitar 12 km.mayan buat bakar lemak hehehe

alhasil pulangnya terkapar tak berdaya.. wes ah wes…cerito tok pegel aku… hehehe

ya wes sampe ketemu di post selanjutnya…bubbye….. poka pokaaa…. 😀

dan tak lupa selalu NYENGIIIIIIIIR……

Iklan

17 thoughts on “jalan jalan ke laut azov yuuk

  1. Haha..bener2 mengasyikkan critane wong Bangil siji iki. Ada yang tertinggal di ingatan ini setelah membacanya. Kota yang sunyi-senyap. Laut yang beku. Anton Cekhov berasal dari sini. Makanan harganya murah di sini. Nama kota ini adalah… (sek-sek tak moco maneh, lali… wekwekwkekk..). Oya, Taganrog..mirip Tagalog ya? Dindanya kakanda berbaju merah, jadi kontras ama salju ya. Tapi kalau aku ke sini kayaknya gak krasan ya soalnya sepi banget. Mending ke Bangil aja lebih ramean… he.. he..

  2. wong jaket’e ngan sitou’..jee..? warna abang thokk..

    critane apik’ nduk..buka lawang pengetahuan ku..

    yo..wess..met mlaku-2 again… (? ? ?…yo opo seeh..)

  3. Nek tau ga sepintas teringat untuk balik ke taganrog dan Rostov lagi pas selesai kul dan dapet diplom, sambil kita foto2 narsis dan mengucapkan selamat tinggal Rusia.. Habis itu kita sama2 pulang ke Indo

  4. Iah.. Wakakkakaka tapi itu msh 2,5 thn lg
    sebelum itu gw mo jalan2 ke kota laen dulu 😀
    mo menikmati kota2 yg ad di Rusia sambil naek kereta sendiri (membosankan) dan merasakan badan seperti maen ayunan ketika tidur:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s