nenek perkasa

bis nomer 26 menuju barat kota terasa sesak oleh banyak nya penumpang,baik muda maupun tua.seperti biasa kesadaran para pemunpang yang lebih muda untuk memberikan kursinya kepada yang lebih tua,perempuan hamil,anak-anak,dan orang cacat.

tapi hari ini berbeda,ketika seorang pria berpakaian kumal dengan usia sekitar  40an naik kedalam bis 26,seluruh kursi telah semuanya di isi oleh para penumpang yang telah terlebih dahulu naik.tak kusangka pemandangan kali ini benar benar membuatku tersentuh.seorang nenek yang duduk di kursi deretan tengah bis(bis rusia selalu memiliki ruang kosong di tengah2 nya agar memuat banyak orang berdiri)berdiri dan mempersilahkan sang pria lusuh untuk duduk di kursi nya.sepertinya sang nenek menangkap bahwa pria tersebut terlihat lelah.kaget nya sang pria lusuh tentu saja membuatnya tak dapat bicara apa-apa.tapi ia hanya menggelengkan kepala tanda tak bersedia duduk di kursi milik nenek.nenek tersebuh berkali-kali menyuruh sang pria lusuh untuk duduk dengan membiarkan kursinya menjadi kosong.tapi sang pria tetap saja kekeuh tak mau. hampir 3 menit sang nenek berdiri dan membiarkan kursi nya kosong akhirnya ia memutuskan untuk kembali ke posisi semula.

aku yang melihat kejadian itu tak terasa menitikan air mata,betapa sang nenek sungguh mulia yang telah ia lakukan,ia peduli dengan orang lain tak memandang apakah ia lebih tua atau muda.aku terus memandangnya dari bangku belakang dengan terenyum dan berdoa kepada allah,agar allah memberinya kemudahan dalam hidup yang kejam ini.seorang nenek pada jam 8 malam dengan udara dingin naik bis sendiri menuju pulang,bahkan untuk berjalan saja ia harus di bantu dengan tongkat dan kacamata karena matanya sudah tak lagi jelas seperti dulu.

bahkan astagfirullahaladzim,ia bahkan parkinson,tangan nya bergetar-getar sendiri.bahkan untuk dirinya sendiri ia tak peduli dan tak merasa harus di kasihani masyaallah..

pelajaran yang dapat di ambil dari nenek hari ini adalah :

1.jangan minta di kasihani orang lain

2.jangan menilai diri orang lain harus kasihan kepada kita

3.berjiwa lapang

4.selalu membantu dalam keadaan apapun


subbhananallah….

jika nenek kita? di biarkan sendiri berjalan-jalan jauh dengan menggunakan bis umum sampai jam 8 malam tanpa di temani siapapun? sanggupkah kita membiarkannya?

aku jadi inget sama nini(nenek -sunda,red) di rumah,sedang apa ya nini sendiri di rumah?sudah 3 tahun ga ketemu nini rasanya rindu sekali.

nini ku di rumah berusia 75th,ia mengalami stroke 6 tahun lalu sehingga sampai sekarang walaupun alhamdulilah sudah sembuh tetapi  tetap saja harus di bantu kursi roda jika harus berjalan jauh.

nini,aku rindu padamu,semoga aku masih bisa bertemu nini lagi 🙂

aminnn

Iklan

5 thoughts on “nenek perkasa

  1. Sungguh mulianya nenek itu.Sebenarnya saya malu coz suatu ketika saat keegoisanku muncul.Saya acuh tak acuh pada orang yang membutuhkan tempat duduk dalam bis.&semoga nini Kak Dinda cpet sembuh,panjang umur,ketemu ma kak dinda lagi.Btw mo berapa lama dirusia kak?

  2. makanya nenek rusia itu panjang umur, dan parkinsonnya tak menggangu kegiatan naik bis nya..(mungkin kegiatan hariannya..) karena ia selalu berbuat baik pada orang lain..

    dan semoga nini’ di Indonesia senantiasa dalam lindungan Allah SWT..

    amiien..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s