nenek perkasa

pernah ga kita membiarkan nenek kita jalan-jalan sendirian ke luar kota?dengan membawa kantong kresek yang super duper gede dan berat??

bahkan membiarkan nenek kita yang bahkan untuk berjalan saja sudah harus di bantu tongkat?dan kaca mata super tebal?

jika kita pernah melihatnnya…di indonesia,itu suatu keajaiban!!!

bener,hampir tak pernah kita menyaksikan lansia jalan-jalan sendirian di kota sendirian(tanpa di dampingi cucu atau anak?).beda indonesia beda pula rusia,lansia disini sangatlah mandiri,mereka demi mengisi perut rela sendirian ke kota dengan menggunakan bis umum dan jalan berkilo-kilo meter dari tempatnya tinggal,.maklum di rusia ini lansia sudah biasa hidup dan tinggal sendiri,jika kita bertanya dimana anak-anak mereka dan dimana keluarga mereka? jawabnya adalah.ya..ada tapi mereka punya pengidupan sendiri,keluarga sendiri.

tapi ada pula nenek-nenek yang memang hidup sendiri karena suami-suami mereka tak pernah kembali setelah dikirim perang!! sedihnya,dan ironis sungguh.tapi hidup memang harus terus berjuang,maka tak ada pilihan untuk terus bertahan hidup sendiri wagaimanapun rintanganya.

tak pernah kita bayangkan,jika seorang nenek hidup sendirian di dalam apatemen kecil dan kumuh dan jauh di pinggiran kota,keseharian mereka dilakukan adalah bertanam.bertanam apa? kan mereka ga punya ladang?dan mereka tinggal di apartemen yang di berikan oleh pemerintah rusia. ya mereka bertaman daun bawang,dengan cara menumbuhkan daun dari bawang bombay dan menjual hasilnya di pasar rakyat.dan jika sedikit beruntung nenek yang memiliki sedikit ladang mereka akan bertanam apa saja,bisa wortel,tomat,bayam,ginza,bawang dll. maka  tak heran terkadang di pasar rakyat di rusia kita sering melihat seorang nenek/kakek yang berjualan sayuran hanya beberapa biji.(kesannya tak niat berjualan) tapi memang mereka berjualan hasil kebun sendiri.

pernah sekali waktu ketika aku menyebrang jalan(saat itu aku tak menuruti lalu lintas karena terlambat kelas) di sampingku aku melihat seorang nenek-nenek yang menjinjing sebuah kotak(entah apa isinya) secara spontan aku mengulurkan tanganku untuk membantunya hingga kesebrang jalan.dan tanpa di duga.kotak yang aku ikut membantu itu beratnya benar-benar di luar batas.(hampir 10kg) entah apa isinya.tapi yang jelas,hatiku makin merintih,karena ternyata perjuangan orang-orang lansia di rusia ini tidak semudah seperti bayangan.

para lansia ini bahkan sampai jam 8 malam(aku selse kuliah) aku masih melihat beberapa yang baru selesai membereskan dagangannya.aku tak membayangkan,seharian di beridiri di luar,dari pagi hari hingga malam demi kelangsungan hidup.

apakah kita akan terus membiarkan nya? aku bersyukur walau bagaimanapun nenek dan kakeku masih ada dan tak harus bersusah payah.mari kita semua merawat dan menyanyagi mereka.

Iklan

6 thoughts on “nenek perkasa

  1. Hhhh…Nenek,,,kakek selalu berjuanglah..

    cucumu akan selalu membantu…

    kenapa mereka ga di panti saja sich Mbak, pasti pemerintah sudah memfasilitasinya dunk..

    Tapi kalo itu kemauan mereka sendiri, kita patut memberikan acungan jempol….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s