Ramadhan di kampung orang…

Ramadhan,17 1430 H

Alarm di telephone gemgam ku berdering tepat pukul 4.30 dini hari,.udara di luar mulai menurun,kota rostov telah memasuki pergantian musim nya dari panas ke musim gugur,membuatku malas untuk turun dari ranjangku dan membuka selimut tebal yang sangat hangat.tapi aaaah…. Aku tak boleh menuruti hawa nafsu ku… ramadhan hanya tersisa 3 hari.. aku tak boleh melewati nya.. aku harus terus bersemangat untuk terus mengejar berkah dari sang pencipta sampai di titik akhir ramadhan

Ku langkah kan kaki ku menuju wastafel yang terletak di dalam blok kamar ku,yah sebuah blok yang berisi 2 kamar berukuran kecil yang di tempati untuk 2 orang dan 2 kamar berukuran besar yang berpenghuni 3 orang.sebuah blok yang terkesan sangat sangat sangat sederhana,dengan dilengkapi fasilitas 2 buah wastafel yang masing masing berfungsi untuk cuci muka dan yang lain nya untuk mencuci baju serta peralatan makan dan masak ,tapi memang dasar mahasiswa masing masing wastafel di gunakan untuk segala keperluan..

tak hiraukannya fungsi yang sebenar nya.terkadang wastafel untuk mencuci baju dan peralatan masak lainnya dan lupa pula di gunakan untuk mencuci sepatu dekil milik penghuni blok,bahkan aku gunakan juga untuk berwudhu…yah… berwudhu sambil menggangkat 1 kaki ku untuk membasuh nya di wastafel.. hehehe…

Dan tahukah kau bahwa toilet di blok kamar 500 ini sangat lah tak logis,seperti hal nya toilet di hampir seluruh rusia bahwa toilet standart tak menggunakan selang air sebagai pembasuh setelah buang air??? Karena sebagian besar orang rusia tak menggunakan air untuk membasuh setelah ke toilet,,mereka hanya menggunakan KERTAS TOILET apa?? Ya hanya KERTAS TOILET dengan kwalitas paling rendah yang pernah aku temui,kertas yang berwarna pudar dan kasar,terkadang (maaf) untuk di buat cebok pun anus bisa mengeluarkan darah karena terluka hiks… awal mula aku tahu,aku tak seberapa terkejut bukan karena aku tak pernah tau,aku bisa memaklumi karena di jaman modern ini sudah banyak tersebar toilet kering seperti ini di mall mall besar dan di hotel hotel berbintang bahkan di rumah orang-orang kaya di Indonesia,tapi aku tak pernah menyangka jika toilet di asramaku bisa separah ini!

Toilet yang berukuran 1,5 kali 1 meter ini hanya ada satu SALOME(ONE HOLE FOR TOGETHER/SAtu LObang raME-rame..hihihi ) berjenis duduk di sertai dengan keranjang sampah yang mungkin usia nya melebihi tahun aku tinggal di rusia ini,warna asli nya sudah tak tampak lagi hanya warna gelap dan sisa sisa kertas toilet bekas pakai yang masih menempel..membuat aroma di ruangan imut imut ini menjadi tak sedap di hirup(setidak nya masih ada airfresh yang selalu aku bawa untuk membuang bau nya :p )

bahkan sudah hampir 1 tahun ini santexnik(tukang pipa) tak menggubris pipa saluran Salome dari lantai atas yang bocor dan selalu meneteskan air kotor di sebelah kanan Salome,bahkan di antara pipa saluran yang menghubungkan antar lantai pun ada lubang yang kira kira berdiameter 15 cm yang memungkinkan orang iseng dari lantai atas mengintip kita yang sedang bertapa dan mengejan di dalam ruang Salome dan itu sangat menyebalkan.. aku harus selalu membersihkan tubuhku setelah buang hajat..sambil sekalian (maaf) cebok dengan air di bathroom sambil bawa-bawa ember dan cibuk, aaah.. sekali lagi kujelaskan kawan,tentang bathroom di rusia yang hanya hanya ada 2 tipe : pertama adalah dengan menggunakan bath up untuk berendam dan yang kedua adalah dengan menguunakan shower,tak ada itu cerita tentang bathroom di rusia yang menggunakan bak sebagai penampungan air seperti di tanah air kita tercinta… dan bathroom di asrama ku menggunakan yang jenis kedua,selain shower tak ada apapun di dalam ruangannya dan setiap hari aku harus membawa-bawa ember plastic dan cibuk untuk menadahkan air …aku memang sangat mencintai tradisi Indonesia yang sudah mendarah daging di benak ku..hmmm Tapi ada yang berbeda di hari ini saat aku terbangun untuk makan sahur,yang terlintas di benak ku kali ini adalah mamah ku yang sedang makan sahur seorang diri(seperti nya syndrome homesick mulai menyerangku..uuuh..),seperti hal nya pernahkah kau merasakan saat seorang yang biasanya terlihat dan selalu mendampingimu tiba-tiba ketika kau tersadar tak ada lagi di sebelah mu??sangat horror tentunya..

Sama seperti yang di rasakan mamah ku saat saat ini,mamah ku terbiasa dengan kesendirian nya,1 tahun terakhir semenjak adik terkecil ku Dita akhir nya mengikuti jejak ku untuk kuliah juga ke rusia,sedangkan bapak ku terkadang tak pulang berhari hari karena tugas nya sebagai supir bus pariwisata yang mengharuskan mengantar tamu-tamu nya sampai selesai bertamasya,(ah tamasya..seperti nya di era sekarang ini sangat jarang menggunakan kosa kata tamasya,heheheh) dan biasa nya dalam 1 bulan hanya beristirahat sekitar 1 mingguan,dan mamah ku ?? sendirian,mengerjakan apapun sendiri,sampai ketika aku datang 3 bulan lalu untuk berlibur..seperti nya ada semangat baru untuk mamah ku yang sebenatr menghilangkan perasaan loneliness..tetapi baru saja mamah ku merasakan sejenak menghilangkan rasa kesepian,dan ketika aku harus kembali untuk menuntaskan kuliah ku mamah ku harus kembali sendirian ah benar benar tidak enak rasa nya  Dan kali ini, akupun merasakan kesendirian yang teramat,tak kusangka di sholat tahajud ku aku menitikan air mata,hampa rasanya hatiku ketika aku mengingat mamah ku yang seorang diri,tak kuasa aku menahan tetesan air mata yang mengalir deras,.tanpa sadar lantunan doa ku adalah untuk segera kembali ketanah air dan menemani mamah ku…dan ya Robb.. kabulkanlah doa ku ..kabulkan lah…kabulkanlah … aminnn..

Ramadhan tahun ini hanya tersisa 3 hari,dan dengan terpaksa harus berpisah lagi sampai tahun depan,dan semoga saja di tahun depan kita masih di beri kesempatan untuk menikmati ramadhan bulan yang di setiap hela nafas kita yang terhembus adalah pahala…

NB : Dan tentu saja jika masih bertemu dengan ramadhan tahun depan.. itu berarti ramdhan terakhirku di tanah rusia  Hmm…

selamat menikmati bulan ramadhan 

Iklan

2 thoughts on “Ramadhan di kampung orang…

  1. Dinda… terus lah berdoa.. agar kita dapat jumpa di ramadhan thn depan.. sempatkan dahulu jumpa dengan ku..sebelum Allah menjemput ku..

    keep contact with your Mom.. Ok..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s