Si Bawel Uchok

adalah seorang kawan atau.. apalah itu sebutannya itu tak penting

seumur hidup selain ibu ku aku tak pernah bertemu dengan orang sangat sangat sabar dan tabah seperti diri nya..

entah manusia atau malaikat yang sedang nyasar di bumi,selain sifat B.A.W.E.L nya yang selalu membuat ku serasa di tergelitik untuk ngambek aku tak pernah melihat dia bersedih hati ataupun bermuka muram,yah.. meskipun mungkin saat ia hampir di serunduk banteng.

mungkin adalah sifat bawaannya dari lahir atau memang lingkungan yang mencetak nya,tetapi yang aku tau ia seorang yang tulus dan rela berkorban untuk temannya, iya.. sifat altruisme nya sangat kuat dalam diri nya.

aku sendiri terkadang merasa aneh dengan manusia satu ini,karena ia tak pernah sekalipun marah maka aku pun kadang menggangap saraf marah nya sudah tidak lagi bekerja atau jangan jangan ia memang tidak punya saraf marah?? Who knows?

aku menganggap nya sangat bawel karena sebagai seorang laki-laki ia memang sangat sangat tidak bisa diam sesaat,yang keluar dari mulut nya adalah celoteh iseng,tak bermanfaat dan sangat menyebalkan untuk ukuran aku yang mudah terpancing emosi nya. akhir nya aku pun diam(saking kesel nya dan muka sudah merah menahan emosi)pernah suatu ketika, 2 hari aku tak menyapa nya karena alasan yang sangat-sangat simple (karena aku tak tahan dengan bawel nya).. dan dia tahu betul bagaimana cara agar aku tak lagi sebal,ia sengaja menghindari pertemuan denganku,tak lain agar aku merasa tenang tanpa kemunculannya di sekitar ku(mungkin memang benar teori tentang kebringasanku disini ..hihihihi) hmm

*oke aku tak berbicara tentang emosi ku yang mudah muncul,tetapi tentang si bawel ini.

meskipun hidup nya di sini(sebagai mahasiswa rantau)bisa di katakan super duper sangat susah dan miris sekali,tetapi ia tak pernah mengeluh aku tak pernah mendengar nya marah,bersedih dan meratapi nasibnya, ketika ia kehabisan uang saku,tak memiliki bahan makanan ataupun lemas karena seharian tak makan,untuknya harga diri adalah hal MAHAL untuk sekedar mampir ke kamar dan bilang

“kak ada makanan ga untuk mengganjal perut?”

(OOT : saat ini ia sedang belajar mengambil ilmu “pure mathematic” ,ia berangkat dengan niat yang kuat untuk belajar dan itu tidak hanya di mulut saja! karena meskipun ia tak di sokong dana oleh keluarganya dan menggantungkan hidup disini hanya dari uang beasiswa dari univ. yang sama sekali bisa di katakan tidak cukup!tapi ia terus bertahan!dan jangan di tanya tentang akademik nya,karena ia sungguh sangat pintarnilai matematika nya selalu sempurna sejak masih sekolah hingga kini! kalau sudah seperti ini saya jadi miris melihat kawan-kawan lain yang hidup dengan uang saku melimpah tetapi prestasi belajarnya asal asalan)

meskipun ia masih harus menahan perut yang sudah menempel dengan punggung,dan lemas tak berdaya,tepat setahun yang lalu,adik ku bercerita tentang nya ketika ia telah 2 hari tak makan karena ia tak punya sepeserpun uang untuk membeli bahan makanan,dan teh gula teman pengganjal perut nya sudah habis tak bersisa.

dengan gitar di tangan ia mulai bernyanyi-nyanyi sendirian agar ia tak merasakan lagi rasa lapar yang menderanya (saat telah memasuki liburan summer,kawan-kawan indonesia lainnya sudah pulang dan tak ada lagi countrymate yang sekota dengannya)sampai pada akhirnya ia berteriak di dalam kamar seperti orang gila

“TUHAN SAYA LAPAAAAAAAAAAAAAAAR”

tuhan memang tidak pernah lalai mengurus mahluk ciptaannya,tak lama kemudian adik ku yang saat itu berada di moscow,yang nota bene nya tidak mengetahui keadaannya itupun,ternyata hati nya tergerak untuk meminta tolong kepada salah satu teman africa nya untuk membeli bahan makanan dan dikirim kan kepadanya. dan benar.. tak berapa lama setelah ia menjerit-menjerit kelaparan bahan makanan datang kepada nya. (dan bukannya langsung Turun dari langit!!)

benar.. ia TAK PERNAH MINTA,masih punya sungkan yang super tinggi dan tak pernah pamrih. yang bikin aku salut adalah sifat setia kawan,menghargai dan menghormati orang lain.
pernah suatu ketika aku sedang di landa sedih dan strees berat karena aku mendengar ibu ku sedang sakit di indonesia,aku mengangis lama sekali. ia hanya menemaniku dan memijit bahu ku tanpa aku pinta sampai bahu ku kembali lemas,wajah nya ikut sedih karena melihat aku dan adik ku sedang bersedih. tetapi ia terus mencoba menghibur kami berdua

* pernyataannya: aku sendiri pun terkadang masih saja suka lupa pada sekitar ku yang sedang kesusahan..😥

dan hari ini! ketika sifat usil ku yang kambuh menggila,dan ketika aku menlihat rambut si bawel sudah gonjes(gonrong ga beres) membuat ku ingin sekali menjahili -nya,dan lagi lagi si bawel tidak mencoba lari dari ku.

singkat cerita,aku yang tak pandai memotong rambut laki laki akhir nya dengan kepercayaan diri yang sangat tinggi nekad memotong nya.. dan ia tahu niat terselubung ku itu,meskipun tahu ia tak mencegah ku dari perbuatan super iseng dan sadis!

aku memotong rambutnya dan membuat nya terlihat lebih mirip pada film kartun jepang bernama “chibi maru kochan” adik ku yang menjadi saksi pun tertawa sampai terguling-guling,bahan tertawa yang menurutku sadis karena akhirnya aku dengan super amat ngawur memotong rambut nya dan PETAL PARAH!😥 (lebih mirip penjahat-penjahat yang baru ketangkep dan rambut nya di potong asal oleh pihak kepolisian itu lho biasa nya muncul di program kriminal di Tv indonesia) tapi bukannya minta maaf aku malah tertawa dan bahkan adikku mengabadikannya.

bukan marah,si bawel malah ikutan tertawa.. dan bilang padaku setelah at list aku minta maaf pada nya(meskipun tidak tulus)

“ah,gapapa,temen kamar ku bisa nyukur ko kak,yaing kan kakak sudah bisa berkreasi dengan rambut saya”

mendengar ucapan yang keluar dari nya,aku merasa wajah ku tertampar,aku malu sekali… untuk kesenangan ku sendiri aku mengorbankan orang lain (sikap macam apa ini??)

sekarang rambut nya sudah benar-benar gundul,.karena ulah ku😥

9 thoughts on “Si Bawel Uchok

  1. salam dinda,
    temanmu luar biasa ya, nggak mengeluh ….tapi jawabannya waktu dicukur itu …..gpp kok mbak, temanku bisa nyukur kok, … pasti rasanya gimana gitu ya din

  2. HHhmm…Siapa itu Mbak yang sampeyan ceritakan…

    Bagaimana kabarnya di sana..??? Saya belum menemukan sampai sekarang Mbak..tapi sabar ya Mbak….Usaha terus lah pokoknya😉

Tinggalkan Balasan

