Gara-gara presiden

“rakyat miskin, gara-gara presiden”

“negara berantakan.. gara-gara presiden”

“tetanggaku mati gara-gara presiden”*loh*

Rasanya, kata-kata senada itu sudah tidak asing lagi di telinga kita, hampir setiap permasalahan dinegara ini menjadi kesalahan seorang presiden. Miris… tapi itulah kenyataan..

Presiden dijadikan kambing hitam dari segala macam masalah yang muncul, dari bencana alam, politik yang carut marut, permasalahan moral artis, bahkan bisa jadi kompor meleduk di rumah bisa jadi salah presiden?

Pernah mikir ga ya? kalo untuk memimpin manusia yang banyaknya puluhan juta itu susah? presiden memang simbol negara “republik” tapi apa lupa bahwa dibawah presiden masih banyak petinggi-petinggi lain?

Presiden kan juga manusia? manusia tempatnya salah…

Suatu hari kenalanku datang kerumah sambil marah-marah

“tonggoku mati bunuh diri” -katanya

“kok bisa??? kenapa??”, tanyaku

“dikejar utang, berhari-hari ga makan akhirnya putus asa dan bunuh diri”, jelasnya sambil bersungut-sungut

“astagfirullah, innalillahi wa innalillai rojiun” kataku

“ini gara-gara presiden, rakyat makin susah ga bisa makan, terjerat hutang akhirya putus asa” katanya tak puas

“loh ko presiden yang disalahkan??, yang meninggalkan tetanggamu seharusnya kamu yang bertanggung jawab! bukan presiden!” kataku kesal

“kok jadi aku yang salah? sudah jelas ini gara-gara presiden ngatur negara ga becus!” bentaknya kepadaku

“loh? kamu yang tetangganya…jelas kamu yang bertanggung jawab! kamu kan muslim, seharusnya kamu lihat tetanggamu kanan kiri memerhatikan kesejahteraan mereka, jika sampai kamu tau mereka tidak bisa makan, tentu kamu yang salah.. kamu nyalahin presiden yang mengurusi negara dengan berpuluh juta jiwa, sedang kamu hanya memerhatikan tetanggamu saja tidak bisa? apa masih pantas kamu menyalahkan orang lain? ” ketusku, menutup pembicaraan.

Beginikah gambaran manusia-manusia yang sibuk mencari kesalahan orang lain??? aku tidak peduli siapa presiden negara ini, asalkan kami masih bisa hidup merdeka.

Kebencian orang-orang yang hanya bisa mencerca hasil kerja orang lain hanya mencerminkan ketidak mampuan diri sendiri, untuk apa Tuhan menciptakan kaya dan miskin? tentu agar si kaya bisa mencari pahala dengan banyak bersedekah dan mengulurkan tangan kepada sesamanya, begitu juga untuk si miskin menjadikan pahala ketika mereka bisa berdoa untuk kesejahteraan.

Kita dilahirkan didunia ini bukan tanpa tujuan, bukan pula sekedar singgah untuk bersenang-senang tetapi bertujuan agar kita bisa memaknai untuk apa kita hidup….

Jika bukan kita sendiri lalu sampai kapan kita menunggu pak presiden turun kelapangan dan mengetuk pintu rumah rakyatnya satu persatu??

Bangil, 29 Juni 2010

D.H

Iklan

2 thoughts on “Gara-gara presiden

  1. Begitulah, semuanya salah presiden. kata rakyat. Kalo semua orang nggak mau jadi presiden, itu tidak mungkin. Kalo presiden ke depan jadi diktator demi memimpin negara baru semuanya tahu rasa….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s