Berbagilah karena berbagi itu Indah

milik pribadi

*Flash back dikit ke lebaran yah*

 

1 Syawal 1431 H, Rostov On Don Russia

 

Suara takbir dari speaker aktiv dari semalam mengalun Indah, membangunkan aku dari tidurku yang pulas, Ya Allah.. telah sampailah kita di hari fitri ini. Meski tanpa Mama, tanpa Bapak, dan tanpa saudara-saudara ku tersayang terkecuali adik kandungku yang Allah kirimkan untuk menemaniku di belantara Russia ini. Aku tetap mencari sela untuk tetap bersyukur dari dalam hatiku yang terkecil, betapa Allah masih sayang kepadaku… 

 

Pelataran masjid di Kota Rostov On Don, pukul 9.15 AMn temperature +11 derajat celcious

 

AKu berlari-lari kecil menuruni bis, komando dari imam masjid telah terdengar, rupa-rupanya telah memasuko rokaat terkahir.. Aku dan Dita terlambat ikut sholat. Tak juga aku bisa mengejar, karena gerbang masjid telah penuh tersumpal jamaah muslim yang tak kebagian tempat di dalam ruang masjid.

Subbhanallah… Pemandangan ini Rabb… Indah! meski aku kau kirim ketempat dimana rumahmu jarang ku temui, meskipun tak terdengar suara adzanmu memanggil, meski hanya 1 atau 2 muslimah saja yang bisa kutemui secara papasan di jalan 1 bulan sekali, namun hari ini aku melihat dengan kepalaku sendiri.. Betapa Indahnya hari ini.. suci…

 

Aku meneteskan air mata yang tlah kubendung semenjak para jmaah melakukan sujud, ada rasa iri tak terperi ketika mereka bisa menyembah dan bersujud di hdapan Tuhannya dan aku hanya bisa diam terpatung bersama segerombolan saudara-saudara islamku yang lain yang terlambat pula.

Idhul Fitri tanpa mencium telapak tangan mamah dan bapak untuk memohon maaf atas segala khilaf, Idhul fitri tanpa memnadang wajah-wajah sennja penuh senyum dari kakek dan nenekku, sungguh membuat hatiku tersiksa, tapi tetap.. aku mencari sela untuk terus bersyukur, karena tak semua orang diberi kesempatan seperti ini, melihat secara langsung bahwa Islam itu kaya, islam itu damai. 

 

Dengan langkah berat, aku kembali pulang meniki bis nomer 22 bersama adikku dita untuk kembali ke asrama, bersama kembali untuk menemui kawan-kawan saudaraku setanah air.

 

Di dalam bis menuju pulang, seekor anjing -yang entah kapan masuknya-  sudah berada didalam nya dan memandang sendu kearah aku dan dita (sepertinya anjing ini tahu jika aku dan dita membawa samsa, roti isi daging yang sempat aku beli di depan masjid).

 

Awalnya, aku berbisik kepada dita “dit, hati-hati nanti samsamu di ambil sama anjingnya”. Tahu tak di bagi , maka anjing itu melengos pergi kedepan, dan entah mengapa 1 menit kemudian ia kembali hadapanku untuk memelas, wajah melasnya membuatku tak mampu berkata-kata. Dan aku langsung tersadar

“astagfirullah… tak mungkin hewan ini bisa kembali untuk ke dua kali jika tak ada yang menggerakkan hati dan langkahnya! “

 

Benbar saja, dita langsung membgi roto samsa nya setengah untuk si anjing, dan si anjing dengan pandangan gembiranya mengambilnya dengan hati-hati tanpa menyentuh kami berdua(mungkin anjing ini tahu bahwa air liurnya najis bagi kita).

 

Setelah menghabiskan setengah samsa milik dita, ia sesekali memandang kami (mungkin untuk mengucapkan terima kasih) dan AJAIB.. anjing itu turun di halte berikutnya!

(Y Rassulullah apakah ada pahala untuk kami dalam menolong dan memberi apa-apa pada binatang? jawab Nabi Saw : “dalam tiap jiwa yang hidup itu ada pahalanya”) Hadist Al – Bukhori dan Muslim.

(dan sayangilah apa-apa yang ada di Bumi maka semua yang ada di langit akan menyangimu)

 

Rostov, 17 september 2010

 

One thought on “Berbagilah karena berbagi itu Indah

  1. Dalam mencqari ridho Ilahi tak terkungkung dengan batasan amalan kepada manusia saja, karena binatang juga mempunyai hak hidup.
    ::: Ikut merasakan idul fitri jauh dari keluarga :::
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Tinggalkan Balasan

