Ketika namapun ber-seragam *puyeng.com*

Ada hal yang mungkin tidak tertebak atau bahkan tidak pernah dibayangkan jika didalam 1 kelas nama teman-teman kita hanya itu-itu saja. 

Aku sendiri dulu waktu hari pertama masuk kuliah cuma bisa geleng-geleng kepala, karena bingung, bengong, dan gugup. *bisa dibayangkan?*

Ok jika belum dibisa dibayangkan, ikuti lagi.. 

Saat itu, tahun 2007 bulan sptember, setelah lulus dari sekolah persiapan dengan cumlaude. Aku akhirnya diterima masuk diperguruan tinggi negri terbaik se-Rusia bag. Selatan. Ada yang bilang juga nomer 6 seluruh Rusia (tapi ini ga valid! hahaha)

Sayangnya setelah 1 minggu masuk aku baru menyadari kalo aku adalah mahasiswa asing satu-satunya di tingkatku! *deg-deg-deg*.

Bagiku semua wajah sama semua*semua bule tidak terkecuali*, bertubuh rata-rata 165 keatas (aku termasuk tinggi :D). Dan berhidung mancung semua *ya ilah bule gitu!*.

Aku yang kebingungan dan tiba-tiba mendadak tegang bahkan tidak menyadari bahwa aku memang belum kenal 1 orangpun teman-teman baruku yang mirip-mirip kaya super model itu*bayangin kuliah aja, bajunya kaya pragawati yang mau jalan diatas catwalk! lengkap dengan dandadnan lengkap..fiuuuhh*

Akhirnya aku memberanikan diri untuk berkenalan dengan mereka, hal yang membuatku terkejut adalah nama mereka mirip-mirip! misal, Irina yang dipanggil Ira, Darya yang dipanggil Dasha, Tatyana dipanggil Tanya, Anastasya dipanggil Nastya, atau bahkan Natalya yang dipanggil Natasha. Begitupun nama-nama cowonya, misalnya Alesandr jadi Sasha, Nikolay jadi Kolya, Sergei jadi Serioza, DImitri menjadi Dima, Aleksei jadi Lyosha.

Itu adalah nama-nama umum yang dipake diseluruh RUSIA! bisa dibayangkan diseluruh RUSIA!

Contoh nih yah, dikelasku ada 5 Ira, 4 Dasya, 2 Lyosha, dan 2 Tanya de el el. itu baru dikelas yang namanya sama loh yah! belum kehitung kalo kelas umum saat lecture bergabung. Lucunya.. meski punya nama yang sama, jika salah seorang dipanggil “IRA” 10 ira yang ada dikelas itu tidak semuanya menoleh, karena apa? karena mereka sudah jeli dan tau benar suara siapa yang memanggil. *keren*

Karena keseragaman ini nama-nama itu bisa disingkat dan biasanya ditulis nama Famili(marga) yang bisa membedakan mereka. Misal I.V. Yakovleva I dengan singkatan IRINA dan V bisa dari nama ayah “VLADIMIR” yang berubah menjadi “Vladimirovna”–> karena Irina adalah perempuan. *repot yah?? ah ga repot kalo udah biasa :p *

Sedang untuk laki-laki, katakan A.V. Lukyanov A bisa jadi singkatan dari Aleksei atau Aleksander. sedangkan V dari “Vladimir” yang menjadi “Vladimirovic” karena Aleksander adalah laki-laki. 

Makanya, dengan seragam nama panggilan yang umum seperti ini biasanya dosen/pengajar/orang-orang yang tidak terlalu dekat memanggil mereka lengkap, atau bisa juga dengan Nama nama plus nama ayah, atau Marga saja.

Hal ini di Indonesia mungkin masih berlaku, khususnya diluar jawa yang masih menggunakan marga untuk nama belakangnya. Seperti di “pulau sumatra, sulawesi” de el el. Bedanya mereka tidak menggunakan nama ayah.( Diakte mereka)

Beberapa teman Indonesia yang namanya SJP(singkatJelasPadat) pasti sering bermasalah disini. Misalnya nama “ALI” dengan nama itu orang Russia kurang bisa “PAHAM”, bagi mereka nama seperti itu mustahil, dan timbul berbagai macam pertanyaan misal “apakah Ali tidak punya Ayah?? apakah Ali terlahir diluar “MARGA?” ” and so on!

Aku aja yang kebetulan sekamar dengan adek kandung sendiri, sampai sekarang tidak dipercaya bahwa kami ini bersaudara kandung hanya karena nama kami berbeda. Jadi untuk urusan kekeluargaan mereka menganggap kami “hanya countrymate” whatever lah..

Masa iya harus bawa KK(kartu keluarga) kemana-mana?

#Tapi aku jadi mikir, ntar kalo punya anak harus dikasih nama bapaknya ah… 

 

Rostov, 30-11-2010

2 thoughts on “Ketika namapun ber-seragam *puyeng.com*

  1. lha di rumahku, orang serumah namanya beda semua mbak…. baik depan maupun belakangnya. berarti ga berlaku dunk di Rusia….. ha ha ha

    Salut deh sama orang Rusia yang bisa membedakan siapa yang dipanggil walaupun nama panggilannya sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s