Fenomena musim ujian diRusia

gugel

Memang yang namanya musim ujian itu menegangkan! semua seakan-akan terburu-buru, waktu seakan berputar tidak lagi 24 jam tapi hanya 12jam! yang 12 jam hilang entah kemana.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, musim ujian itu bisa membuat kram otak dikepala rasanya pengen loncat dari tempatnya karena penuh berbagai materi selama 1 semester dan membuat kepala akhirnya ngadat-ngadat. Apalagi yang doyan SKS (sistem kebut semalam) untungnya saya termasuk mahasiswa yang bukan SKS itu, karena SKS yang saya anut agak lebih keren! mau tau? yaa.. karena SKS saya adalah Sistem kebut SEMINGGU! hahah.(ini mah sama aja!). eh.. Ga sama loh! nyang bener aje! untuk baca aja dibutuhkan waktu dan konsentrasi extra, belum lagi untuk mengartikan kata demi sekata ditambah pemahaman lebih dalam. Mana bisa SKS (yang itu) mustahal bin mustajab! hahaha

Setelah kemaren-kemaren sempat mengaburkan diri karena belum siap dan mendadak nervous sehingga menimbulkan ilusi melihat wajah dosen yang tiba-tiba menjadi “ganteng” itu. Tapi akhirnya semua materi dikepalaku nyangkut entah dimemori otak yang sebelah mana(maklum otaknya lama ga dipake kerja keras, giliran udah musim ujian ternyata udah rada berkarat hehehe), akhirnya aku coba untuk di search eh ternyata foldernya ga ketemu-ketemu.
Akhirnya muncullah strategi terakhir setelah melihat teman-teman satu persatu pada berguguran (buset ini dosen kalo lagi lecture bisa anggep kita temen tapi giliran ujian udah kaya harimau lapar yang menerjang kita dengan berjibun pertanyaan maut! uhhaaa) aku inisyiatif perlahan-lahan melangkah mundur bersama teman-teman yang berguguran dan berharap kali ini adalah mengunduran diri paling “terhormat”. Yah dari pada maju tapi sama sekali ga bisa jawab? lebih malu mana hayooo??? (asal tau aja, sistem ujian disini kebanyakan lisan coba kalo test multychoise aku bisa itung kancing baju kan? eh masih musim yah? atau kalo ujian tertulis, paling engga aku bisa nulisin puisi dikertasnya yang isinya memohon-mohon mendapat nilai! atau bisa juga menulis kesan-kesan selama kuliah dirusia. Pasti panjang deh! hahaha)

Hari ini, adalah hari dimana ujian tahap dua dimata kuliah itu (bilang aja HER), bisa dibayangkan kan? 2minggu terakhir ini aku bener-bener kurang istirahat, setiap malam insomnia karena mikir gimana tegangnya ujian besok hari, makan jadi ga nafsu karena kembung dan asam lambung naik. Alhasil seminggu pertamaku ujian dihiasi flu berat disertai demam, tapi ajaibnya, demam cuma 1 hari karena dikalahkan dengan ketakutan yang luar biasa tentang ujianku. Akhirnya flu nya sembuh sendiri. Ehehehehe (sebegitunyakah? tanyakan pada rumput tetangga yang bergoyang-goyang)

Akhirnya, dengan tidur singkatku, aku terbangun di subuh hari untuk kembali membaca ulang material untuk jam 9 pagi. Tentu, diselingi doa. Seperti biasa, karena aku adalah mahasiswa yang beriman dan bertaqwa, jadi doa adalah bagian terpenting dari UJIAN dan kuliah 😀

Jam 8 pagi, aku berangkat.. tentu tak lupa aku awali dengan “bismillah, tawakaltu allallah la haula walakuwaata illa billah”, hari ini aku yakin ainul yakin, bahwa ketika kita awali hari dengan Allah, dengan taqwa kepadaNya, dengan berserah hanya kepada Allah, maka Allah akan bersama kita,. Allah pun tak akan mengecewakan hamba-hambanya yang berdoa hanya kepadanya. Oleh karena Innaka la tukhliful mii’ad (sesungguhnya ALlah tak pernah menyalahi janjiNya)

Alhamdulillah.. persis sama seperti yang aku bayangkan semalam, aku mendapatkan urutan maju perdana(sudah tak lagi tegang dan takut menghadapi dosenku yang mendadak ganteng itu). Menjawab pertanyaan yang juga aku perkirakan semalam (bisa pas gitu! jangan-jangan ini ada unsur parapsikologinya pada bab telepati lagi! wew) wallahu a’alam, yang jelas.. telepatinya tersampaikan kepada Allah azza wa jalla hingga Allah menyampaikan dan menggerakkan hati dan pikiran sang dosen untuk memberikan pertanyaan yang itu. (bukankah Allah itu maha detail?)

Akhirnya, ujian hari ini lancar… pulang kembali ke asrama aku langsung menunaikan sholat dhuha seperti yang biasa aku lakukan. Semoga Allah selalu ada disetiap langkah kita.

PS : doa ku,
Ya Allah.. aku tau.. Zachot dan Exam bukanlah milik dosen-dosenku atau bahkan milik prorektor kami.. tapi milik engkau ya Allah.. maka jika engkau berkehendak, aku mendapatkannya maka Aku akan mendapatkannya. Ya Allah.. jadikan ilmu kami bermafaat bukan hanya untuk mendekatkan diri kepadaMu tetapi jadikanlah Ilmu yang kami dapat disini menjadi penawar lapar dan dahaga orang-orang disekitar kami. YA Allah.. Jadikan kami para mujahiddah dan mujahidMu dalam rangka menuntut ilmu di rantau. Sungguh.. Kami bersyukur karena kepercayaan Engkau kepada kami dan menjadikan kami manusia terpilih. Maka jauhkanlah kami dari ketakkaburan duniawi dan dekatkan kami dengan amal-amal sholeh yang dapat membawa kami kembali kepadaMu dengan ilmu . Amin

 

*zachot adalah ujian tanpa nilai*

*exam adalah ujian disertai nilai 3,4,atau 5*

4 thoughts on “Fenomena musim ujian diRusia

  1. wadow mba, …udah januari nih, ayo kapan update blognya…
    apa masih sibuk sama ujian?… (~_~)…moga aja mendapat yang terbaik ya…..:) inget INdonesia …hehe…..)* menyemangati 😛

  2. @oFi : heheh sudah Ofi… liburan di russia sejak tanggal 1- 11 januari (liburan natal dan tahub baru) dilanjut dengan ujian sampai akhir januari terus lanjut liburan lagi tanggal 1 sampe 14 februari 😀

    @Miii : hehehe makasiih semangatnya alhamdulillah semester kemaren naik semua jadi uang saku naik juga hohoho akhirnya setelah sekian lama ^__^

Tinggalkan Balasan

