Pria muda itu…

Bismillah..

Usianya seperti belum masuk kepala 3, ia selalu berdiri disekitaran perexod( lorong penyebrangan bawah tanah ), didadanya tertulis “помогите на хлеб” yang artinya “tolong bantu untuk roti” maksudnya mungkin untuk makan hari ini saja. Sepertinya, hal ini sudah lama dijalaninya karena aku tak pernah absen memerhatikan pria muda yang selalu menjadi perhatianku ini. Aku merasa aneh denganya, karena tubuhnya terlihat sempurna (tidak invalid) dan selalu memakai baju lengkap dan tak terlihat seperti (maaf) “gembel”.

Sesekali aku memasukan uang receh, meskipun tak sering. Karena bagiku, ia masih kuat dan bertenaga. Sedang masih banyak babushka(nenek) yang memang benar-benar renta yang lebih pantas diberi. Setiap melewatinya aku selalu membatin dalam hati “kenapa di negara sebesar ini ada pengemis? masih muda lagi” entah itu adalah life style atau memang ia hanya seorang pengangguran yang malas? ah.. bagaimanapun aku tak harus berburuk sangka untuknya. Semoga ia cepat tersadar dan mau bekerja untuk hidupnya.

Hari ini agak berbeda, aku melihatnya sedang beradu argumen dengan seorang babuska yang ternyata sudah lebih dulu beridiri ditempatnya. Mungkin ia merasa geram. Mungkin ia merasa daerah kekuasaan tempat ia menunggu rejekinya itu diambil orang lain.

Aku mendengarnya pria muda itu mengusir babuska tersebut agar tak mengemis didaerahnya. Pemandangan yang sungguh tak elok. Perasaanku tak karuan, antara heran dan ah.. pokoknya aneh!

Aku tak tahu lagi harus menulis apa tentang yang akku lihat hari ini.

Menurutku, menjadi pengemis sama sekali bukanlah jalan mencari rejeki yang elok tapi masih agak bagus dari pada harus menjadi perampok dan pencopet. Tapi lebih bagus lagi, berusaha lari dari penyakit malas, kemudian berdoa pada Tuhan agar bisa merubah hidup.

Wallahuá’álam

3 thoughts on “Pria muda itu…

Tinggalkan Balasan

