Trip to Frozen Sea! Taganrog city [South of Russia]

Akhirnya kesampaian juga jalan-jalan ke laut beku untuk tahun terakhirku selama 5 tahun study di Russia ini, meskipun tahun 2008 kemarin aku juga sempat kesana, tapi rasanya tidak afdol jika tidak mengunjungi kotanya Cekhov untuk terakhir kali [maybe] in my last year!

Aku dan rombongan berjumlah 10 orang [Ucup, Hani, Goji, Dinda, Bung Tete, Pipit, udel, Ucok, Boni, dan Salim] memutuskan untuk naik электрически поезд [elektriceski/ kereta listrik] menuju kota Taganrog yang berjarak kurang lebih 60 sampai 90 menit selain itu harga tiket tergolong murah, hanya 72 Rouble [setara dengan 25.200 rupiah] dan lebih murah lagi jika kita bisa menunjukan studenceski bilet [student card] maka tiket diberi potongan 50%. Kereta ekonomi ini sangat sederhana, dibelantara Gagahnya Negara Russia aku masih bisa naik kereta yang tempat duduknya masih terbuat dari kayu dan lengkap dengan pemanas/ heater yang menempel dibawah kursi penumpang [hanya menyala saat winter]. Inilah Russia yang aku kenal, selalu apik dalam pemeliharaan benda-benda bersejarah, termasuk museum, monumen bersejarah, transportasi umum, dsb. Jadi jangan kaget jika kita menginjakkan kaki di Russia kita masih disuguhi alat transportasi kuno.

Russia sangat menghargai sejarah karena mereka sadar bahwa sejarah adalah fondasi penting sebuah pembentukan awal, dimana seluruh cikal bakal Russia sekarang ada di sejarah, oleh karena itu pula  mereka bisa terus tumbuh dan kuat dalam kondisi apapun.  [miris juga kalau mengingat veteran di Indonesia yang kurang di perhatikan oleh pemerintah padahal di Russia ini veteran diberi penghargaan khusus, mereka selalu ingat bahwa tanpa adanya para pahlawan-pahlawan itu Russia tidak akan bisa sekuat ini]

 

Perjalanan 90 menit dengan kereta telah kami lewati, kami telah sampai di Vtaroi Vokzal [stasiun ke 2] kota Taganrog, dimana ada laut Azov. Dari Vtaroi vokzal sebetulnya kami bisa menggunakan marshut[angkot] yang langsung menuju laut, tetapi karena suhu udara tidak terlalu dingin [minus 11 derajat] kami memutuskan untuk berjalan kaki. Perjalanan dengan jalan kaki bisa ditempuh hanya dengan 20 menit. Kota Taganrog juga relatif kecil, sehingga kami bisa sekalius menikmati keindahan kota tua ini.

Sesampainya di laut yang sudah membeku ini, kami langsung berhamburan berjalan menuju laut untuk mengambil foto, karena laut Azov relatif dangkal [kurang lebih sampai 2 kilometer dari garis pantai kedalaman laut hanya sebatas leher orang dewasa] menjadikan laut ini mudah beku. Pemandangannya yang sangat indah dan benar-benar tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata, karena diatas laut sejauh mata memandang kami hanya melihat hamparan laut putih yang membeku dan dilapisi salju tipis [kira-kira 5cm].

Menyenangkan, rasa dinginnya angin yang lumayan kencang pun tak kami gubris karena kami semua terpukau dengan keajaiban ini. Teman-teman langsung berhamburan untuk bermain, ada yang berkejar-kejaran, foto session tanpa kwatir lapisan es retak, meskipun begitu adapula yang masih merasa takut kalau kalau lapisan es nya pecah dan kami semua tercebur kelaut yang membeku ini. Hal itu wajar karena di tanah air kami tidak bisa menikmati ini.

ket : Foto diambil dari pantai.

Sayangnya ketika musim panas, laut Azov ini tidak boleh dibuat berenang karena sudah terkena pencemaran limbah, meski begitu tidak sedikit pula yang melanggar dan merelakan tubuhnya gatal-gatal karena limbah.

 

[Rombongan Teman-Teman mahasiswa Indonesia di laut Azov yang membeku]

Nah, sekian perjalanan kami kali ini ke laut beku di kota Taganrog selatan Russia. Semoga bisa menghibur ^___^

 

Dimuat juga di : http://www.surya.co.id/2011/02/11/menembus-laut-beku & http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2011/02/01/jalan-jalan-ke-laut-beku-di-russia-selatan-yuks/

 

2 thoughts on “Trip to Frozen Sea! Taganrog city [South of Russia]

  1. dan pada penciptaan langit dan bumi terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal… subhanallah, serasa ikut dalam rombongan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s